Glaukoma Penyebab Kebutaan Nomor 2

Eyes_slide_show.jpg

Akhir-akhir ini mata saya sering sekali cepat lelah karena memang saya sering sekali menggunakan komputer. Mungkin 8-10 jam per hari walaupun sudah menggunakan LCD. Awal nya saya pikir ini hanya mata lelah biasa jadi sudah saya abaikan. Setelah 3 tahun baru saya merasa rasa lelah itu semakin mengganggu. Saya memutuskan untuk memeriksakan ke dokter spesialis mata.

Dimulai dengan tes lensa mata ternyata masih di angka relatif normal yaitu -25 atau 1/4. Jadi dokter tidak menyarankan untuk menggunakan kacamata. Karena keluhan lelah mata tersebut dokter agak curiga karena kelihatannya dengan “direct test” itu yg saya dengar tekanan bola mata agak tinggi. Jadi saya di rujuk ke laboratorium Polimata di rumah sakit umum besar karena alat nya hanya ada di satu tempat.

Pemeriksaan LAPANG PANDANG

Pemeriksaan lapang penglihatan atau Perimetry bertujuan untuk melihat luasnya kerusakan syaraf mata. Selama pemeriksaan ini Anda akan diminta untuk melihat suatu titik di tengah layar dan menekan tombol ketika Anda melihat munculnya titik-titik cahaya di sekitar layar.

Non Contact Tonometry (NCT)

Alat untuk Pemeriksaan Tekanan Bola Mata

Hasil Lab tersebut dibawa kembali ke dokter ahli mata. Hasil tes tekanan bola mata 14 & 11. Kalau hasil tes Lapang Pandang saya tidak mengerti karena hasilnya berupa diagram dan seperti gambar saraf optik.

Setelah dokter memeriksa hasil tes tersebut, saya di duga terkena Open Angle Glaukoma Varian Open low tension. Walaupun baru dugaan, dokter memberikan beberapa resep obat tetes dan obat makan yang kalo saya lihat awam itu adalah vitamin saraf mata.

Glaukoma TIDAK DAPAT DISEMBUHKAN, tetapi DAPAT DIKONTROL dengan perawatan yang mungkin seumur hidup. Glaukoma ini mirip dengan orang yang terkena hypertensi bawaan. Tidak dapat disembuhkan, tetapi dapat dikontrol melalui terapi dan obat. Jika tidak dikontrol bisa menyebabkan stroke atau rusaknya pembuluh darah. Begitu juga Glaukoma jika tidak dikontrol dapat menyebabkan rusaknya saraf mata yang berakibat kebutaan permanen. Glaukoma cenderung adalah penyakit mata bawaan.

Faktor Resiko Penyebab Glaukoma :

1. Riwayat glaukoma di dalam keluarga.

2. Tekanan bola mata tinggi

3. Miopia (rabun jauh)

4. Diabetes (kencing manis)

5. Hipertensi (tekanan darah tinggi)

6. Migrain atau penyempitan pembuluh darah otak (sirkulasi buruk)

7. Kecelakaan/operasi pada mata sebelumnya

8. Menggunakan steroid (cortisone) dalam jangka waktu lama

9. Lebih dari 45 tahun

Kenapa Tekanan Bola Mata Meninggi ?

Satu lapisan sel dibelakang iris bertugas memproduksi cairan yang disebut akuos. Cairan ini akan mengalir menuju lubang pupil dan akan meninggalkan bol mata melalui saluran kecil menuju pembuluh darah. Normalnya antara produksi akuos dan aliran keluarnya adalah seimbang. Jika cairan keluarnya terhambat atau produksinya berlebihan, maka tekanan bola mata akan meninggi.

Tingkatan Penanganan Glaukoma :

1. Obat Tetes Mata Khusus Glaukoma

2. Laser Trabeculoplasty (LTP)

3. Operasi Filtrasi Mata (Trabeculectomy) –> Untuk yang sudah tidak bisa ditangani dengan Obat & Laser

Saya bukan ahli nya mengenai penyakit ini karena bukan dokter. Saya mengalami hal ini dan menuliskan kembali infromasi ini dari berbagai sumber secara pandangan awam. Silahkan kunjungi dokter spesial mata anda, tau baca info di :

http://www.klinikmatanusantara.com/index.php?option=com_content&task=view&id=124&Itemid=9

http://www.jec-online.com/index.php?option=com_content&view=article&id=48&Itemid=61

Glaukoma sering tidak terdeksi karena tidak mempunyai tanda-tanda yang jelas. Sering sekali hanya di sangka lelah mata biasa.

Jadi rekan-rekan semua, sebaiknya segera periksakan mata agar bisa di deteksi glaukoma sejak dini.

7 thoughts on “Glaukoma Penyebab Kebutaan Nomor 2

  1. Tia Mahendra says:

    Saya adalah penderita glaukoma, sudah merasakan pederitaan dan perjuangan menghadapi glaukoma. Akan tetapi, alhamdulillah sekarang sudah sembuh berkat obat tetes mata herbal radix vitae. Tetes mata ini bisa juga menyembuhkan katarak, mata minus, silindris, plus, dan pterigium. Saya ingin semakin banyak penderita penyakit mata yang bisa sembuh seperti saya, karena biaya operasi dan obat-obatan kimia sangat mahal. Ikuti kisah saya di TOKO RADIX VITAE, tulis di google!

  2. Manda says:

    Terima kasih informasinya. Alhamdulillah saya bkn penderita glukoma, tapi setelah membaca artikel ini saya jadi lebih perhatian sama mata. Mmg beberapa penyakit tidak bs terdeteksi scr dini. Stelah parah baru dech di obati.
    Mudahan ga gt ya..
    Lg siapa siy yang mau sakit.
    Syukurilah jika Tuhan memberikan anugerah kepada kita berupa indera yg sehat dan sempurna. Dijaga dan disayangi dg tidak “mengeksploitasinya” secara berlebihan. Berikan istirahat, support dengan vitamin dan berterima kasih atas nikmat yg kita terima….

    Aku berdoa spy kamu cepat sembuh. yang sabar ya sayang..

  3. rina says:

    hallo teman, saya berterima kasih untuk infonya banyak membantu pengetahuan saya, tapi saya kok malah was-was takutnya saya terkena penyakit itu TUHAN tolong jangan sampai penyakit itu ada pada diriku. sekali lagi makasih ya untuk infonya nanti saya akan periksa ke dokter mata. thank’s ya.

  4. Borneo Photography says:

    Salam kenal, simak liputan tim BOP mengenai juadah di kota singkawang. Tak ketinggalan sajian makanan khas Botok Mini (BONI) di kota Pontianak. Ada pula liputan aksi hari jilbab internasional di kota sintang. Semua terangkum dalam kolom Photo dan Berita.

  5. Yani Nuraeni, S.Pd says:

    sudah hampir 1 setengah bulan, anak saya mengeluh mata sebelah kanan tdk dpt melihat jelas, benda yg dilihat selalu berwarna asap putih. hari ini diperiksa oleh dokert ahli mata, setelah melalui tahapan pemeriksaan ternyata dikatakan blind.. padahal bola mata anak saya terlihat sehat seolah tdk ada blind.. sy tanya kenapa dokter dgn mata anak saya di katakn blind?… jwbnya saraf mata kena……..

Leave a Reply

